Update Seleksi Nasional Program Beastudi Etos 2011

Seleksi Nasional Program Beastudi Etos kembali digelar. Pendaftaran seleksi beasiswa investasi SDM yang tersebar di 11 kota dan 13 PTN ini dibuka sejak tanggal 5 Januari 2011 lalu. Hingga penutupan pendaftaran pada 10 April 2011, tercatat ada 3218 orang pendaftar dari Aceh hingga Nusa Tenggara untuk memperebutkan quota nasional 150 beasiswa. Sebagai salah satu program pemberdayaan zakat, infaq dan shadaqah dari Dompet Dhuafa, kriteria mutlak yang harus dipenuhi adalah kelayakan finansial dari calon penerima manfaat. Sedangkan prestasi akademis dan non akademis akan menjadi kriteria tambahan.

Dari sejumlah pendaftar tersebut, sebanyak 2502 orang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan harus mengikuti seleksi tes tulis dan wawancara. Seleksi ini sudah digelar di beberapa kota sejak akhir April – pertengahan Mei lalu, saat ini sedang berlangsung verifikasi tes tulis dan wawancara. Seleksi ini akan memperdalam kondisi personal dan keluarga dari calon penerima manfaat, termasuk catatan potensi perbaikan dan pengembangan diri yang dapat dilakukan. Selanjutnya masih akan ada seleksi home visit (kunjungan langsung ke rumah calon penerima manfaat) dan ujian masuk PTN yang menjadi prasyarat untuk dapat bergabung dengan komunitas produktif Beastudi Etos. Bagi mereka yang telah lolos seluruh rangkaian seleksi namun tidak diterima menjadi bagian dari keluarga besar Beastudi Etos karena keterbatasan quota, maka bentuk – bentuk advokasi pembiayaan akan tetap dibantu untuk memastikan yang bersangkutan dapat mewujudkan cita – citanya untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>